Misa Perayaan Imlek


Pada hari Minggu, 25 Januari 2009, telah berlangsung Misa Perayaan Imlek pada jam 9.45 di gereja paroki Stefanus, Cilandak. Misa ini merupakan misa konselebrasi, yang dipimpin oleh 2 romo tamu, yaitu Romo Simon dan Romo Yuliwan SCJ. Panti iman dan pintu masuk, sudah didekor dengan ornamen khas perayaan Imlek. Didepan altar ada rangkaian bunga berwarna merah dan kuning cerah. Terima kasih kepada ibu Jocelyne yang selain meyumbang untuk dekorasi tersebut, tapi juga yang memasangnya sampai larut malam.

Koor Felitas sedang beraksi

Koor Felitas sedang beraksi

Misa dibuka dengan Ucapan Atas Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus dalam bahasa Mandarin. Semua lagu pengiring misa adalah lagu berbahasa Mandarin, yang dinyanyikan oleh Koor Felicitas. Semua anggota koor, dirigent, organis dan pemain keyboardnya berpakaian Cheongsam.

Homili dibawakan oleh Romo ’biksu’ Simon. Romo ini memang lebih mirip biksu Siao Lim, dan telah membawakan homili dengan pesan bahwa pada perayaan Imlek ini umat yang merayakan diminta beryukur dan memperbaharui komitment kepada Yesus. Romo Simon juga mampu ”menghibur” umat dengan humornya yang segar ala ”Mangga Besar”.

 

Romo Simon memimpin misa.

Romo Simon memimpin misa.

Untuk persembahan, di persembahkan buah-buahan, kue, manisan dan minuman khas perayaan Imlek, seperti jeruk dan kue Cina, yang dibawa oleh 8 pasang suami istri dari kelompok Kategorial yang kebetulan bertugas sebagai petugas tata laksana. Tentu saja mereka semua juga ber Cheong Sam. Umat juga memberikan persembahannya dalam amplop ”Ang Pao” yang dibagikan pada awal misa.

Pada saat penerimaan komuni, dimainkan musik dari Kecapi Klasik Cina yang dimainkan oleh ibu Fanny, umat tamu dari paroki Bidara Cina, sehingga nuanca Cina semakin terasa. Terima kasih kepada ibu Sisca & pak Handi Gazali yang telah mengajak ibu Fanny untuk bermain di paroki kita.

Pada akhir misa Romo selain memberi berkat kepada Umat, juga memberkati jeruk yang akan dibagikan kepada semua umat pada saat pulang. Keluar dari gedung gereja, umat telah disambut dengan spanduk ”Selamat Tahun Baru Imlek – Gong Xi Fa Chai ”.

Jeruk kue Cina untuk persembahan

Jeruk kue Cina untuk persembahan

Misa yang berlangsung sukses ini, disiapkan mendadak, oleh ”panitia dadakan” pula yang intinya adalah lingkungan Felicitas A & B serta Marriage Encounter. Misa ini tidak bisa terlaksana tanpa dukungan Pak Wahyono, pak Alex Rudatin, Romo Antoro dan tentu saja Romo Mujiono.Sampai tahun depan !

 

 

 

 

 

Sumber: Dikirim oleh Ongky W Dana melalui milis.

Pos ini dipublikasikan di Buletin. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s