WAKTUNYA UNTUK BERISTIRAHAT


“Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah — sebab Ia memberikannya kepada yang dicintaiNya pada waktu tidur.”
(Mazmur 127:2)

Saudara yang terkasih, tahukan Anda bahwa saat Newton menemukan teori gravitasi bukan ketika ia sedang belajar keras atau sibuk melakukan percobaan di laboratorium sampai larut malam? Ide brillian tersebut justru ia dapat pada waktu ia sedang bersantai dan termenung. yaitu saat sebuah apel jatuh tepat di depannya. Ahli kimia Jerman, Frederich August Kekule juga menemukan ide jenius tentang struktur molekul benena ketika ia sedang berbaring di depan perapian.

Setiap kita pasti setuju kalau bekerja dengan giat itu baik. Tetapi kerja keras sampai subuh, memeras keringat tanpa lelah dan berjuang tanpa henti, tidak selamanya mendatangkan hasil yang besar dan memuaskan. Pola kerja yang kurang sehat memicu gangguan kesehatan. Ada kabar buruk bagi penggila kerja alias workaholic. Menurut ilmu kedokteran, pekerjaan yang menumpuk cenderung steress berkepanjangan, akibatnya berpengaruh pada pola hidup dan pola makan berubah. Dampaknya, muncul rasa kuatir yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan keluhan fisik.

Saudara yang terkasih, firman-Nya mengatakan, untuk segala sesuatu ada waktunya. Itu berarti, ada waktu untuk bekerja, berekreasi dan ada waktu untuk tidur dan beristirahat melepas lelah. Hidup akan terasa lebih ringan dan menyenangkan bila kita melakukan segalanya dengan seimbang. Lagipula Tuhan sudah berjanji lewat firmanNya bahwa Ia justru memberkati kita pada saat kita sedang tidur terlelap. Jadi mengapa kita tidak melakukannya?

Bapa, ajarku menjalani hidup ini dengan seimbang. Karena aku tahu dengan demikian hidupku akan bahagia.

Dikirim oleh Shinta Kohar melalui milis.

Pos ini dipublikasikan di Buletin, Renungan Harian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s