DO THE BEST!


(Bacaan: Kolose 3:22-25)

“Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga” (Pengkhotbah 9:10)

Kita sering mendengar slogan yang berkata “Do the best!” Demikian juga pimpinan atau atasan kita juga mengatakan hal yang sama kepada kita, “Lakukanlah yang terbaik!” Meski demikian tidak semua dari antara kita mau melakukan yang terbaik, sebaliknya kita melakukan pekerjaan dengan kualitas biasa-biasa saja, yang penting beres, atau bahkan cenderung asal-asalan. Apa yang menyebabkan kita memiliki mentalitas seperti itu? Kemungkinan besar karena kita tidak selalu yakin apa “imbalan” yang mungkin kita dapatkan atas upaya kita, makanya kita memilih bersikap “Buat apa susah-susah?”

Kita tidak pernah tahu bahwa jika kita melakukan yang terbaik, kita akan tetap mendapat “imbalan” meski datangnya seringkali dari sumber yang tak terduga. Dalam buku Don’t Sweat The Small Stuff, Richard Carlson menceritakan suatu kisah yang menarik.

Seorang tukang kayu yang sangat rajin, teliti, rapi dan cakap dalam pekerjaannya memutuskan untuk pensiun. Sang kontraktor tentu saja merasa sedih karena tukang kayu tersebut adalah salah satu pegawai terbaiknya. Untuk yang terakhir kalinya sang kontraktor meminta kepada tukang kayu tersebut untuk membangun satu rumah lagi. Tukang kayu itu setuju, namun karena ia berpikir toh sebentar lagi ia pensiun, ia bekerja tidak dengan sungguh-sungguh seperti biasanya. Ia bekerja secara sembarangan, tidak rapi dan terlihat sangat asal-asalan. Ketika tukang kayu tersebut selesai dengan pekerjaannya, sang kontraktor menyerahkan kunci pintu rumah yang selesai dibangun itu kepada si tukang kayu dan berkata, “Ini rumahmu. Ini hadiah untukmu.”

Dalam segala hal, lakukanlah yang terbaik seolah-olah untuk diri kita sendiri.

Dikirim oleh Shinta Kohar melalui Milis.

Pos ini dipublikasikan di Buletin, Renungan Harian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s