MENYEBAR MALAH MEMPERKAYA


RENUNGAN HARIAN KAMIS, 3 JULI 2008

Ketika masuk ke sebuah bank, Anda menemui para nasabah menabung dan mengambil uang. Menyimpan berarti menghemat. Mengambil berarti memenuhi kebutuhan. Namun Salomo memberi hikmat yang unik. Menyebar (menghamburkan) harta justru memperkaya. Memberkati justru berkelimpahan. Menghemat secara luar biasa justru berkekurangan (Amsal 11:24-25). Mengapa demikian? Mohon “secara luar biasa” Anda garisbawahi. Penjelasan ini justru menutup berkat. Dengan kata lain orang yang sangat menghemat tidak pernah membagi harta dan uang sepeser pun. Jika penjelasan yang digarisbawahi Anda hapus, menghemat masih sesuai hikmat Salomo. “Siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit menjadi kaya” (Amsal 13:11b)

Kemudian, ke manakah harta itu Anda berikan? Harta itu Anda berikan kepada orang lemah (miskin). Anda justru memiutangi (meminjami) Tuhan (Amsal 19:17). Tuhan pasti akan mengembalikan lebih banyak daripada yang Anda berikan kepada Dia mahakaya. Itulah sebabnya, berkat berkelimpahan.
Allah bergitu berpihak pada orang miskin. Buktinya, orang yang mengolok-olok orang miskin menghina penciptanya (Amsal 17:5). Juga berpihak kepada orang yang membutuhkan. Orang yang memberi makan orang lapar, minum orang haus, tumpangan orang asing serta melewati orang sakit dan mengunjungi narapidana berbuat untuk Yesus. Dia anggap sebagai saudara-Nya. Orang yang melakukannya masuk surga. Orang yang tidak melakukannya masuk neraka (Mat 25:31-46).
Justru karena krisis yang masih terjadi di negeri kita, solidaritas Anda sangat diperlukan. Lagipula, orang miskin selalu ada di sekitar kita (Ulangan 15:11, Markus 14:7, Yohanes 12:8). Kedua situasi ini memberi kesempatan bagi Anda untuk berbagi. Dengan demikian di bumi Anda diberkati, di surga akan Anda masuki.

Dikirim oleh Shinta Kohar melalui milis.

Pos ini dipublikasikan di Buletin. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s