KETAATAN


RENUNGAN HARIAN SENIN, 16 JUNI 2008

KETAATAN (Bacaan Yehezkiel 36:26)

“Kamu akan kuberikan hati yang baru dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan hati yang taat” (Yehezkiel 36:26)

Sebelum pergi, Pak Budi berpesan kepada Dian dan Doni agar tidak bermain air hujan karena dapat mengakibatkan demam. Setelah ayahnya pergi kedua anak itu diam di rumah. Namun, tak lama setelah itu, Doni mengajak Dian bermain air hujan di depan rumah. Dian menolak karena ingat pesan ayahnya dan ia tidak ingin melanggarnya. Akhirnya Doni pergi bermain sendirian dan berbasahan hingga sore. Malamnya, Doni demam tinggi.

Sangat menarik apabila kita berpikir Tuhan menegaskan ketaatan dan bukan kepatuhan. Kata patuh dan taat sekilas tampak sama, padahal maknanya amat berbeda. Patuh berarti suka menurut; taat artinya senantiasa menurut. Setiap orang dapat patuh karena ada perintah atau hal lain yang ditakutinya. Namun, jika hal tersebut ditiadakan, kepatuhan juga ditinggalkan. Sebaliknya, ketaatan menuntut lebih dari suka menurut, yaitu senantiasa menurut. Sikap taat berbicara soal hati.

Doni anak yang patuh di hadapan ayahnya, tapi Dian anak yang memiliki ketaatan. Sejatinya, lebih mudah menjadi penurut dan aptuh saja daripada menjadi pribadi yang taat. Tak heran jika akhirnya hidup mereka tidak berorientasi pada ketaatan akhirnya berantakan.

Saudara yang terkasih, Tuhan tidak menginginkan kita menjadi orang petuh semata, melainkan menjadi pribadi yang taat. Dengan demikian kehidupan kita akan lebih memberkati orang lain dan berkenan di hadapan Tuhan. Ketaatan akan menjadi jalan penuh rahmat meski untuk melaluinya terasa berat. Ketaatan bukan hanya mengajar tentang penyerahan, melainkan harga sebuah penyerahan.

Ketaatan adalah hidup yang dituntun oleh hati yang benar.

Dikirim oleh Shinta Kohar melalui milis.

Pos ini dipublikasikan di Buletin, Renungan Harian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s