AKIBAT INGIN MENDAPATKAN PENGAKUAN


RENUNGAN HARIAN, RABU 4 JUNI 2008

(Bacaan 1 Samuel 15:1-35)

“Tetapi kata Saul : ‘Aku telah berdosa; tetapi tunjukkanlah juga hormatmu kepadaku sekarang di depan para tua-tua bangsaku dan di depan orang Israel.” (1 Samuel 15:30)

Seekor singa yang pongah bertemu seekor rusa. Ia bertanya, “Siapakah yang menjadi raja di hutan ini?” Dengan takut rusa menjawab, “Oh, Anda, Tuan Singa.” Merasa bangga, ia bertanya hal yang sama kepada setiap hewan dengan harapan mereka tahu dialah raja di hutan itu. Tak berapa lama, ia bertemu dengan seekor gajah. Ingin pamer, ia pun bertanya pertanyaan yang sama kepada si gajah. Si gajah segera mengeluarkan suaranya, mengangkat sang singa dengan belalainya dan membantingnya ke arah sebatang pohon. Sedikit terluka dan memar-memar, si singa menggerutu dengan pelan, “Kalau kau tak tahu jawaban yang benar, tidak usah pakai marah-marah begitu, dong!” Bukannya mendapatkan pengakuan, si singa malah pulang dengan babak belur.

Saul juga ingin mendapatkan pengakuan sebagai raja. Namun, bukannya belajar taat pada firman Tuhan, Saul justru mencari cara-cara yang tidak berkenan. Bahkan dengan pongahnya ia berani melawan perintah Tuhan. Saul tidak sadar bahwa pengakuan dari Allah jauh lebih langgeng sifatnya daripada dari manusia. Akhirnya akibat ketidaktaatannya, Saul justru gagal “melanggengkan” kursi kekuasaannya, sesuatu yang sangat ia dambakan.

Saudara yang terkasih, mari kita belajar dari hidup Saul. Pengakuan apa pun yang manusia berikan pada kita tak perlu kita banggakan dengan pongahnya. Karena Allah bisa menghilangkan itu dalam sekejap mata. Yang perlu kita pelajari adalah semakin kita merasa kita berisi, seharusnya kita merasa kita berisi, seharusnya kita semakin rendah hati.

Jika kita melakukan hal-hal yang baik tanpa terlalu berambisi untuk mendapatkan pengakuan diri, kita justru akan mendapatkan hormat dari orang lain

Dikirim oleh Shinta Kohar melalui milis.

Pos ini dipublikasikan di Buletin, Renungan Harian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s