WARISAN


RENUNGAN HARIAN JUMAT, 23 MEI 2008

(Bacaan : Mazmur 71:1-24)

“Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib.” (Mazmur 71:17)

Biar miskin asal jujur. Itulah prinsip Reggie Damone, karyawan restoran McDonald’s berpenghasilan rendah. Seperti diberitakan AP, Damone menemukan amplop berisi cek senilai 185.000 dollar AS atau Rp. 1,74 milyar. Semula ia mengira amplop itu hanya sampah. Tapi ketika tahu bahwa isinya cek, pekerja yang mendapat kupon makan gratis untuk orang miskin itu memilih mengembalikan cek itu. Pemiliknya adalah seorang kemenakan perempuan tuan tanah, yang kemudian memberi 50 dollar sebagai tanda terima kasih.

Mengapa Damone begitu jujur? Padahal juka dia mencairkan cek itu, dia bisa membayar sewa rumah dan melunasi berbagai tagihan. Namun Damone mengaku selalu ingat pesan ibunya : “Jika kamu mengambil sesuatu dari orang lain, kamu akan kehilangan tiga kali lebih banyak dari jumlah yang kamu ambil. Jika kamu berbuat baik, maka kamu akan mendapatkan balasan kebaikan.”

Patut mendapat pujian di sini tidak hanya Damone saja, tapi ibunya juga. Dia berhasil mendapat mendidik anaknya untuk hidup jujur. Sikap hidup seperti ini tidak dibangun dalam sekejap, tapi dibiasakan secara terus-menerus sejak kecil. Hal yang sama dialami oleh pemazmur. Sejak kecil dia telah diajar untuk memuji Allah. Pendidikan itu membuat iman yang diterimanya menjadi keyakinan yang teguh; Allah adalah dasar kehidupan yang tahan uji. Sekalipun timbul tantangan dan kesulitan, ia mempercayakan diri pada Tuhan.

Kebiasaan baik memerlukan waktu bertahun-tahun, tidak dapat dibentuk secara instan.

Pos ini dipublikasikan di Buletin, Renungan Harian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s